Thursday, March 8, 2012

Napak Tilas MAJAPAHIT

Perjalanan kali ini gw sengaja di ajak sama keluarga ke kawasan bersejarah di trowulan(jawa timur), trip nya lumayan nie buat nambah-nambah pengetahuan gw di bidang sejarah, maklum keluarga gw itu termasuk pecinta sejarah terutama sejarah bangsa ini yang sering kita tau kalo dulu itu di indonesia berdiri banyak kerajaan dan salah satu kerajaan di indonesia yang paling ternama adalah "MAJAPAHIT". nerd.


Trowulan ini adalah situs bersejarah karena kawasan ini merupakan pusat dari kerajaan Majapahit kalo nda salah seperti itu lah yang ada di kitab "NegaraKertagama".
blogger-emoticon.blogspot.com*sotoy ye gw*


Agh pending dulu ceritanya, kita ngomongin perjalanan nya aja dulu yang ternyata lebih jauh daripada ke jambi karena "Nyasaaaaar cyiiinnn....".

Gw ijin ke boss untuk kerja setengah hari karena gw musti ke rumah paman gw dan kita berangkat sore supaya sampai di jawa timur itu pagi. dan perjalanan kali ini agak kejam karena gw musti duduk ber4 di seat paling belakang.

blogger-emoticon.blogspot.com Bayangkaaaaan....!!! bayangkaaaann.... sodara sodara!!

Gak papa dech yang penting kan jalan-jalan hhehehee....
Ok!! Berangkaaaat...!!! ugh dasar ye emang sebel banget kalo tinggal di ibukota macet nya bikin tobat euy. masa jam 8 malem gw masih stuck di daerah semanggi pheewww....
agak malam gak tau ada di daerah mana mobil yg gw tumpangin itu ban nya ada paku nya haiissss....!! gak papa lah dan perjalanan pun berlanjut.

di singkat aja dah ya... gw udeh ngelewatin cirebon udeh ngelewatin tegal pagi pagi dan sarapan di daerah pemalang. abis itu lanjut lagi perjalanan nya lewat semarang segala kalo gw nda salah. cuaca nya panas banget lagi. Kebetulan hari ini hari jumat jadi tepat jam 12 siang kita berhenti di DEMAK.


yang laki-laki pada menunaikan sholat jumat , para wanitanya istirahat di mobil, dan gw numpang mandi di "MESJID AGUNG DEMAK" xixixix maap yach.

Perjalanan di lanjutkan masih di kawasan demak kita Lunch dulu yuuuk cyiiinn... menunya ayam goreng aaagh nikmat bgt daaah.


terus lewat Kudus lewat. perjalanan di lanjut kan kali ini pak sopir memilih untuk melintasi jalur pantura. jauh banget ya ternyata gelap pula lewat gresik trus lewat tuban de el el. dan hampir jam 12 akhir nya kami masuk tol surabaya phewww... dan sampai juga kita di surabaya, karena sudah terlalu malam jadi kita beristirahat di rumah saudara disana.

Gak terasa sudah pagi, packing-packing lalu kita menuju ke trowulan seperti nya tidak terlalu jauh dari rumah tempat kami menginap. Benar saja mata gw langsung tertuju ke Gapura berbentuk Candi. tanpa sadar otak gw langsung mem-flash back ke jaman majapahit. mungkin kehidupan dulu itu seperti yang ada di pikran gw ini. gw masuk ke kawasan Candi utama


Di komplek candi utama ini berdiri kokoh Candi bajang Ratu, terdapat sebuah kolam dan taman. gw sempet berkeliling sebentar lalu lanjut ke kawasan candi berikut nya yaitu Candi Tikus.

Kenapa di namain candi tikus? karena katanya nieee.... waktu pertama kali candi ini di temuin tuch terdapat banyak tikus hiiii..... makanya dinamain candi tikus.
Lalu keliling lagi ke melewati "kolam segaran" yang merupakan tempat latihan perang para prajurit majapahit dan gak jauh dari situ gw sempet ngeliat rumah peninggalan jaman Majapahit dulu. setelah muter muter di kawasan candi, gw beserta keluarga mau berkunjung ke Makam Putri Campa.

kata salah satu keluarga gw bilang : "giezt kalo nanti liat sesuatu yang aneh2, diem aja ya".
gLek..!!! okeh... saut gw. gw melintas dijalan setapak dari gerbang pemakaman dan start dari situ gw rekam semua pake digicam gw. Gw juga sempet masuk ke tempat "para petapa" yang selalu di kunci, di dalam ruangan petapa itu terdapat batu berbentuk kotak untuk duduk yang di tutp kelambu transparan, ada sisa-sisa bunga tujuh rupa dan terdapat payung kerajaan. aroma di dalam sini pun hmmm... wangi bunga tapi agak lembab. Trus gw jalan ke tempat sang putri di makam kan ada seorang bapak yang masih termasuk sanak saudara nya, Beliau menceritakan dari awal tentang Putri Campa trus sempet berdoa juga. okeh seperti nya cukup wisata sejarah kali ini. Gw langsung bergegas masuk ke mobil karena ngantuuuk hahaha...

Mampir di warung makan deket pinggir jalan yang semua menu nya serba bebek, kasian sekali kalo tiba tiba ada seekor bebek yang lewat trus ngeliat warung ini pasti trauma. #halah..
sempet foto2 juga and u know what ada Orbs di muka gw haduuuuh eksis amat sich tu Makhluk.

penampakan atau bukan sich itu??? *korban nonton tipi*
agh cuekin aja dah itu onde-onde yang penting isi perut dulu hehehee... nasi bebek sambel ijo nya bikin perut makin berisik nie. sambil menikmati sepiring nasi bebek sambil nunggu paman yang dateng karena kita mau menuju ke sidoarjo.

Sepulangnya dari Sidoarjo keluarga gw memutus kan untuk pulang ke jakarta karena lusa sudah harus kembali ke rutinitas masing-masing. rute pulang kali ini agak beda dari sebelum nya. mobil kami melintasi daerah jombang...

ZzzZz..ZzzZz.. tidur dulu agh siapa tau besok pagi sudah sampai di jakarta.

Keesokan pagi nya ternyata kita berada di Salatiga hmmm..pasti ponten nya 7 #haiisss...
mobil terus melaju... sampai lah kita untuk beristirahat dan sarapan. menu sarapan kali ini adalah lesehan nasi megono karena sekarang gw lagi berada di TegaL.

Nikmat banget makan rame-rame kaya gini ya.... haduuuh jadi kangen jogja blogger-emoticon.blogspot.com
perjalanan pulang di lanjutkan setelah semua nya siap. lalu lintas kali ini macet banget karena ada perbaikan jalan. sabar agh sambil dengerin music yang easy listening. Lama-Lama juga tidur nie gw.

Beneeer ternyata gw ketiduran, pas bangun udah siang panas bgt cuaca nya dan kaya nya udah ngelewatin daerah cirebon ini. eh dimana ya??? karawang kali. Soalnya katanya bentar lagi udah masuk tol dalem kota tapi kok jalan nya merayap begini ya. phewwwww.....

sekitar jam 7 sore lah gw baru sampe di rumah. hmmm... waktu nya selonjoran hahahah...
dan berpikir tentang kapan lagi jalan-jalan seperti ini.




blogger-emoticon.blogspot.com

3 comments:

Dika Kodel said...

Yang gw bingung kenapa lu klo di foto pasti monyongin mulut giezt?! ada apa dengan gaya seperti itu??
btw foto2 lu makin macho aja giezt... :ngakak:

Unknown said...

hahahaha kan agiezt mode on Om kodel. hah?? mkin macho gimana maksud nya cyiiiinnn???

Wahyu Tri Pamungkas said...

Nice post...
Btw Trowulan is a part of my hometown..hehehhe

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58
Post a Comment