Thursday, May 24, 2012

Mahakarya Megalithic 1500 BC

Long weekend?? Enak bangeeeet...!!!
tapi istilah Long weekend gak berlaku untuk gue, hiks..hiks....!!
:tsk:

Bangun tidur tiba-tiba kepikiran pengen ke Cianjur, ke Gunung Padang tepat nya. Sekitar 2 tahun lalu gue liat di tv kalo di Gunung Padang ini terdapat Situs Megalithikum "TERBESAR" se-Asia Tenggara. Wow...!!!
Apa itu Megalithikum??? kata-kata ini nongol pertama kali di pelajaran sejarah kelas 7 kalo gak salah yang membahas zaman Prasejarah, lebih spesifik nya tentang Kehidupan Manusia Purba. Zaman Megalithikum biasa di sebut Zaman Batu Besar.

Lanjut, Jadi ceritanya setelah dapet ide tadi gue langsung sms temen gue Roni, gue bilang hari minggu PP. tapi kayanya gak bakal keburu. jadi deal berangkat sabtu malem naek Bus. dan plan ini berubah lagi karena ada temen gue yang lain Kodel mau ikut tapi maunya BikePacker.
Hayu ajalah kita berdayakan kamera si kodel.

Meeting Point di BSD (kenapa musti disono sich....!!) kan jauh banget dari rumah gue.



Jam 22.00 teng!! dengan tekat yang buLat kita Berangkat..!!!
sempat berhenti beberapa kali, kita memberi kesempatan pada kodel untuk "Meninggalkan Jejak". perjalanan pun di lanjutkan sampai akhirnya para rider memarkir motor nya di tempat latihan "Paralayang", di Puncak pas.

Cuaca disini dingin pemirsa...!!! dan di tempat inilah pertama kali sepanjang perjalanan kodel memberdayakan kamera nya hahahahahaha.... Okelah!.


Pose demi Pose kita Lakukan :
1...2...3 1...2...31...2...3 last pose .

Acara dilanjutkan dengan makan indomie massal di selingin dengan obrolan-obrolan yang kurang berbobot (karena kebanyakan ketawa nya di banding ngobrol nya).

Waktu menunjukan pukul 3 dini hari. saat nya melanjutkan perjalanan yang ternyata perjalanan nya agak kurang mulus karena kita tiba-tiba aja "Terjebak" di kerumunan orang-orang yang Ready saling bunuh-bunuhan.

Ngebuuuuuuutttt...!!!!

Setelah memasuki kawasan "Warung Kondang" gue liat "plang" situs megalithikum 20km lagi. Omaigot..!!! jalanan nya sepi amat yak.
Takuuutttt....!!! tapi sok sok tegar aja dah.


Sekitar jam 5 subuh akhirnya sampe juga. motor di parkir, Kodel tidak lupa meninggalkan jejak, numpang sholat, numpang makan #eeh ngga denk.

Tracking kali ini akan menjadi tracking paling panjaaaang dan laaaamaa.... #halah LEBAY.
padahal lokasi nya udah di depan mata. :eheh:he..he..hee...

Gue adalah pengunjung pertama hari ini (penglaris..penglaris....) beli tiket 4 lembar dan bersiap untuk SUMMIT. what?? summit?? 5 menit juga nyampe... *geez*.

Kami menaiki ratusan anak tangga dan di antar oleh Pak.Dadi beliau yang memelihara situs ini. Adapun pilihan tangga nya yang pertama tangga berupa batu- batu murni yang di susun oleh nenek moyang zaman dulu, dan yang kedua tangga yang agak landai terbuat dari batu dan semen.

Gak butuh waktu lama untuk tiba di puncak nya, tetapi tetep aja napas gue satu satu hahahah sering olah raga juga ngga menjamin, cape mah tetep aja cape. huufft..!!!

sekitar 5 atau 10 menit gue udeh behasil SUMMIT di G.padang, puji syukur gue panjat kan heheh (gak mau kalah yang summit mahameru), pertama kali yang gue liat adalah "Pangrango" berasa kaya liat lukisan big screen ( GOD is GREAT ).

Gede pangrango hiks hiks i was there!! my first Summit.

Komplex situs Megalithikum ini ternyata luas banget, Mahakarya Nenek Moyang kita nie. banyak terdapat "Menhir" di tempat ini, ada juga sumur yang di percaya untuk pencucian diri sebelum ritual.

Luas nya sekitar hmm... berapa ya? (bentar, nyontek dulu di bLog nya Roni)
"luas kompleks bangunan situs -+ 900 m², terletak pada ketinggian 885 m dpl, dan areal situs ini sekitar 3 ha, menjadikannya sebagai kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara".


Kalo liat komplek situs ini gue jadi inget sama "Stonehenge" di Wiltshire, Inggris.
(kaya pernah kesono ajeee....)

Nah sekarang lah saat nya Kamera kodel di berdayakan abis-abisan hahaha...
Kalo di lihat kompleks ini seperti pemukiman (andai gue bisa flash back) ada batu yang bisa meleluarkan melody kalo di pukul, ada batu tercetak tapak macan atau makhluk sejenis nya dan ukuran nya lebih besar dari normal. ada "Batu pandang" kalo kita duduk disana seperti lagi nonton national geograhpic dengan layar raksasa hahaha... dan masih banyak lagi keunikan yang ada disini.
Ternyata nenek moyang kita canggih-canggih ya, buktinya bangunan yang mereka buat masih kokoh hingga kini.

Dan penting banget nie, "SITUS MEGALITHIKUM" gunung padang ini bukan "PIRAMIDA" yang seperti beberapa pengamat bilang. Situs ini Murni hanya "PUNDEN BERUNDAK-UNDAK" tidak ada ruangan atau apapun di bawah nya. jadi sayang banget kalo peninggalan ini musti di gali karena pasti ujung-ujung nya gak bakal di rapihin lagi.

Oke, gue udah puas berkeliling situs ini tapi pasti gue masih penasaran and mau dateng lagi kesini, dan tentu dengan temen-temen gue.


Jam 11.00 siang motor kami pun meluncur pulang ke jakarta, berjuang dengan rasa ngantuk.
semangat ya Pak.Rider doa kami menyertai mu wkwkwkwkw...


Thanks to Sang Pencipta (thanks for bLessing me), buat para Riders yang rela melotot demi sukses nya trip ini ( dika kodel, Roni padriadi, wiwiek). what`s next ????

Dadaaaaahh.....!!!! i`m gonna miss u aLL.

7 comments:

Unknown said...

foto aku mana lg sempaaaaaakkkk???? :meweks

Unknown said...

Gue mulu prasaan yg di tagih foto, mane yang di kamera loooo????

Dika Kodel said...

cerita si pak priyotno kaga lu masukin gizt?? ckckckck....

Unknown said...

Kalo cerita pak prayitno di masukin mau berapa panjang blog gue jadi nya deL.

Anonymous said...

mantep tanteeee... aku mau juga kesanah.. :matabelo:
temenin akyu lain kali mau ndaaak.. tapi jangan selain weekend yeh! :))

nb: fotonyah mana lagiiii :D

Unknown said...

Tante NuriL ayoo.. ayoo boleh ane mah jadi boncenger aja dah.
poto2 nya ama kodel blom di share. thanks yo tante udeh mampir.
(padahal di paksa si agiezt) wkwkwkwkwk.....

Unknown said...

iiiih gw flashback rasanya baca tulisan ini lagi....
kangen bumil deh...

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58
Post a Comment