Thursday, June 14, 2012

Cave Tubing "GOA PINDUL"

Trip yang mau gue posting sekarang adalah trip pada saat gue ke GOA PINDUL yang sebelom nya udah gue searching-searching di GOOGLE trus penasaran trus "Berangkat!!!".

GOA PINDUL itu terletak di Desa Bejiharjo, Gunung Kidul.
Gak pake Ba..Bi..Bu dari Jakarta gue langsung melesat ke Jogja di antar oleh "Taksaka".
Meeting point di Cebongan with Azra and beberapa teman yang ikut.

Planing nya dari Goa Pindul kita mau langsung capcus ke Siung Beach, makanya kita pergi pagi-pagi dari kota Jogja, jam 9 pagi tepat nya. persediaan makanan udah siap di belakang Mobil.

Sekitar jam 11.20 gue sampai di kawasan Gunung kidul, mata gue tetep terfocus ama rambu-rambu penunjuk jalan. ternyata jalanan menuju Goa gak terlalu mulus.
Finally sampe hehehe...

Gue pikir pas dateng langsung nyemplung, Gak tau nya harus daftar dulu "waiting list" segala Hadeeeuuuh!!! gue musti nunggu 2 jam. Gak kebayang muka temen-temen gue langsung pada manyun. Kalo tau kaya begitu gue dari kemaren harus nya booking dulu ya (maap).

2 jam sudah berlalu, giliran gue and rombongan bersiap- siap pake atribut nya.
*life jacket
*ban buat duduk
*Head Lamp
*Free makan bakso
semua itu hanya seharga Rp.35.000,- (exclude dokumentasi)

Dan, HOP!!! Lompat ke mobil pick-up buat di angkut menuju ke mulut Goa. Can`t wait!!!

Disana udah siap beberapa Guide, tiap kelompok dapet 1 pemandu.
Air nya berwarna hijau "merinding euy" takut kalo tau-tau ada yang lewat di bawah air.
Di Goa ini ada beberapa zona yaitu : Zona terang, Zona Redup, dan terakhir Zona gelap dan level kedalaman air nya pun beda-beda, makin kedalam semakin deep pula air nya.

Kita di minta untuk saling berpegangan satu sama lain supaya gak terpisah, Waduh gawat ya kalo gue tiba-tiba kepisah trus ketinggalan di dalem, Jadi manusia Goa donk gue yang kalo keluar goa kostum nya kaya Flinstone (amit amit).

Di langit-langit goa terdapat banyak "Kelelawar", "Walet", trus apalagi ya. Gak tau dech kalo di dalem air nya ada apa aja, semoga gak ada piranha and the genk.
Stalakmit di dalam juga bagus-bagus ada yang mengkilap seperti crystal, sebagian masih active.

Pak guide menerangkan secara detail tentang Goa ini sambil menyeret kita menelusuri semua zona yang ada di Goa ini. dan ternyata terdapat banyak mitos juga lho. misalkan ada stalakmit yang di percaya untuk kesuburan kaum pria bila menyentuh nya. Lalu ada stalakmit yang meneteskan air dan siapapun itu wanita yang bisa mendapatkan tetesan air itu bisa awet muda. heheheh... gue kek kecipratan.

Gue hampir sampai di ujung Goa karena sudah terlihat sedikit cahaya matahari yang masuk dari lubang vertical. Di area ini kita bebas mau berenang atau tidak karena menurut Pak.Guide disini aman kok. Cihuuuyy....!!!

Tidak mau menyianyiakan kesempatan gue langsung nyempluuuung... wooHoo!!!
lho..lhoo... kok dalem juga ya ternyata, ngga nemu dasar buat berpijak nie.

Setelah bersusah payah gue beranang akhir nya sampe juga gue keluar Goa dengan selamat. Kalo udeh begini rasa nya gue pengen balik lagi ke dalem (tapi rame-rame).
Untuk kembali ke Basecamp awal gue musti naek tembok menggunakan seutas tali.
Ooo.. Oke!!! keren juga hehehe...

Ganti pakaian lalu bersiap-siap menuju ke tampat selanjut nya yaitu "SIUNG BEACH", semoga keburu ngejar Sunset. di perjalanan langit semakin gelap, mobil pun udah jarang yang berlalu lalang. Sunset nya gak keburu (kirain deket tau nya jauh amaaaaat).

Padahal "Siung Beach" itu keren banget lho pantai nya sering di pakai untuk panjat tebing.
menurut kutipan blog seseorang yang sempet gue searching di GoogLe, dia bilang begini :
"Siung Beach is the rich in the huge coral reefs. There are 250 routes for climbing the cliff in the area and you can find the proper sites to enjoy the beach panorama. There is also siung wanara coral reef from which the name of the beach originates".

Beneran udah gelap gulita, Niat mau panjat tebing pupus sudah. akhir nya gue memutuskan untuk bermalam di rumah penduduk tetapi gue malah disuruh tidur di rumah panggung yang bener-bener kosong (mereka bilang itu aula serbaguna) fine.
Sekitar jam 9 malem temen gue mengusulkan untuk kembali saja ke Jogja, hmmm... ya sudah malam itu juga gue pulang ke Jogja.

well, perjalanan yang cukup mengesan kan cuma kurang Greget kalo menurut gue. karena tidak sesuai rencana. Mungkin lain waktu gak akan terulang lagi seperti ini.

Ciao....

keep always posting masbro

tengkyu sist wwkwkwkwkw..
hayuuu sich ng-bolang bareng lagi.

Reservasi tiket Goa Pindul lebih mudah disini Goa Pindul Vacation

Goa pindul emang keren banget deh